Hak Pemohon Informasi

HAK PEMOHON INFORMASI


1. Pemohon berhak mendapatkan informasi maklumat pelayanan yang berisi hak dan kewajiban pemohon dan Badan Publik serta prosedur permohonan dan pelayanan informasi publik.

2. Pemohon berhak mendapatkan perilaku pelayanan oleh KPU Provinsi Kalimantan Barat sesuai ketentuan UU No. 25 Tahun 2009 tentang Pelayanan Publik.

3. Pemohon berhak mengajukan permintaan informasi dengan cara tertulis maupun tidak tertulis.

4. Pemohon berhak mengajukan bentuk informasi dan cara mendapatkan informasi dari KPU Provinsi Kalimantan Barat.

5. Pemohon berhak memperoleh tanda bukti permohonan informasi.

6. Pemohon berhak mendapatkan konfirmasi dari KPU Provinsi Kalimantan Barat atas permohonan informasi, termasuk alasan atas sebuah informasi yang dinyatakan dikecualikan.

7. Pemohon berhak mendapatkan informasi yang diminta sepanjang ditetapkan sebagai informasi publik yang bersifat terbuka oleh KPU Provinsi Kalimantan Barat.

8. Pemohon berhak mengajukan keberatan atas keputusan dan/atau pelayanan informasi KPU Provinsi Kalimantan Barat.

9. Pemohon berhak mendapatkan jawaban atas keberatan terhadap pelayanan informasi.

10. Pemohon berhak mengajukan gugatan atas keputusan/pelayanan KPU Provinsi Kalimantan Barat ke Komisi Informasi dan prosedur hukum selanjutnya (PN/PTUN dan MA).

11. Pemohon berhak mendapatkan informasi publik yang telah dinyatakan terbuka oleh Komisi Informasi atau lembaga peradilan terkait sesuai ketentuan perundang-undangan.

12. Pemohon berhak meminta penjelasan atas isi dari sebuah dokumen yang didapatkan dari KPU Provinsi Kalimantan Barat, jika kurang jelas maknanya.

13. Pemohon yang berkebutuhan khusus berhak mendapatkan pendampingan dari petugas selama proses permohonan informasi di KPU Provinsi Kalimantan Barat.